Langkah-langkah untuk meningkatkan keuangan rumah tangga Anda Agar Tetap Sehat

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keuangan Rumah Tangga Anda Agar Tetap Sehat~ finance.sekolahmuonline.comMemiliki keuangan pribadi yang sehat hanyalah masalah kebiasaan dan disiplin. Baik penghasilan Anda banyak atau sedikit, tidak menjaga pengeluaran Anda dapat membuat neraca keuangan Anda menjadi merah.
Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keuangan Rumah Tangga Anda Agar Tetap Sehat

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keuangan Rumah Tangga

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki keuangan rumah tangga Anda:

1. Buatlah anggaran

Langkah pertama dalam perencanaan keuangan adalah mengetahui dengan jelas pendapatan dan pengeluaran utama Anda.

Hal ini sangat mudah dilakukan, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile, spreadsheet atau bahkan pena dan kertas. Yang diperlukan hanyalah ketekunan, namun manfaat dari melacak anggaran Anda sangat berharga.

Mulailah dengan memasukkan semua pendapatan Anda, dalam hal ini gaji Anda, dalam satu kolom. Kemudian, di kolom lain, cantumkan semua pengeluaran Anda, seperti sewa, utilitas, makanan, transportasi, dan tamasya.

Seharusnya, pendapatan Anda lebih besar dari total pengeluaran Anda setiap bulannya.

2. Identifikasi pengeluaran Anda

Jika pengeluaran Anda melebihi pendapatan Anda, akan lebih mudah untuk memecahnya lebih lanjut.

Dalam satu kolom, identifikasi pengeluaran penting seperti sewa rumah, listrik, air, dan makanan. Di kolom lain, Anda bisa menambahkan pengeluaran sesekali, seperti pergi bersama teman atau keluarga, liburan, membeli buku, film, atau musik.

Di kolom ketiga, identifikasi pengeluaran tetap namun bisa dibatalkan, misalnya langganan layanan film atau musik di Internet.

3. Hilangkan pengeluaran yang tidak perlu

Tidak perlu menghilangkan semua pengeluaran sesekali atau pengeluaran yang dapat dibuang, ini adalah tentang mencatat mana yang paling penting bagi Anda dan mana yang benar-benar Anda gunakan.

Misalnya, Anda mungkin membayar layanan streaming film dan tidak pernah menontonnya; atau mungkin Anda memiliki paket telepon yang paling mahal, tetapi Anda juga tidak menggunakan semua yang ditawarkannya, jadi Anda bisa menurunkannya ke paket yang lebih murah.

Menghilangkan pengeluaran sangat penting jika Anda ingin mengubah keuangan Anda ke arah yang lebih baik dan mulai menabung di masa depan.

4. Kurangi pengeluaran tambahan

Area lain yang bisa Anda hemat adalah biaya tak terduga. Disebut demikian karena jumlahnya kecil, tapi begitu Anda menghitungnya, jumlahnya bisa sangat besar.

Ini termasuk, misalnya, kopi yang Anda beli setiap hari dalam perjalanan ke kantor, rokok, permen, permen karet, minuman ringan, atau bahkan uang tip.

Katakanlah Anda membayar 50 peso untuk sebuah kopi dan Anda berhenti membelinya, Anda akan menghemat 250 peso dalam seminggu, dalam sebulan Anda akan menghemat 1.000 peso.

Buatlah daftar semua pengeluaran kecil ini dan analisis pengeluaran mana yang bisa Anda hilangkan.

5. Tetapkan tujuan

Menetapkan tujuan akan memudahkan Anda untuk mempertahankan disiplin. Misalnya, jika Anda ingin menabung hanya demi menabung, Anda mungkin akan menyerah dalam beberapa bulan. Namun, menabung untuk liburan akan membuat Anda tetap berada di jalur yang benar hingga mencapai tujuan Anda.

Yang penting adalah menjaga tujuan Anda tetap realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda untuk menabung, sehingga Anda tidak akan merasa frustasi jika Anda tidak dapat mencapainya karena Anda menetapkan tujuan yang terlalu tinggi.

Ikuti langkah-langkah ini, tetaplah disiplin dan Anda akan selalu menjaga keuangan rumah tangga Anda tetap sehat.

Demikian postingan finance.sekolahmuonline.com tentang Langkah-langkah untuk Meningkatkan Keuangan Rumah Tangga Agar Tetap Sehat. Semoga bermanfaat. Dapat dijadikan masukan dan referensi pembaca dalam mengatur keuangan. Sehingga keuangan menjadi sehat.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form